Posted by: tatty elmir | July 12, 2014

Seputar Fitnah MERC Syiah.

Audzubillahiminasyaitonirojim, bismillahirohmanirohim.

Sudah beberapa hari ini ketentraman menikmati ibadah Ramadhan kami sekeluarga agak terganggu. Ketika Israel kembali melakukan penyerangan, ternyata tidak semua orang bahu-membahu mengupayakan bantuan, atau setidak-tidaknya ikut merasa prihatin dan berdoa saja sebagai selemah-lemahnya iman.

Sungguh heran di saat genting begini justru ada yang mengobarkan kebencian dan menebar fitnah. Entah dari mana asalnya, di dunia maya dan BC BBM beredar hasutan agar masyarakat jangan memberikan bantuan Palestina lewat MerC. MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) dan dr Joserizal Jurnalis komandannya dicap sebagai syiah. Dan syiah menurut mereka lebih jahat dan lebih utama sebagai musuh Islam ketimbang Yahudi. Ckk..ckkk . (Tak terbayang betapa happynya Israel mendengar perseteruan ini.  Tentulah tangan mereka esok tak perlu berdarah-darah lagi untuk membunuh rakyat Palestina dan umat Islam, karena mereka sudah saling membunuh satu sama lain  😦

Beberapa aktivis mahasiswa dan aktivis kemanusiaan serta masyarakat biasa, banyak yang bertanya, meminta klarifikasi (bertabayun) kepada kami sekeluarga, karena tahu kami dekat dengan dr Jose. Salah seorang di antaranya bahkan saya hubungkan langsung dengan dr Jose biar persoalan terjawab jelas, sejelas-jelasnya. Yang lebih utama tentulah demi persatuan umat kembali, selain demi rakyat Palestina yang nasibnya di ujung tanduk di bawah penindasan zionis.

Ya, saya memang tidak perlu merisaukan keadaan hati dr Jose, karena saya tahu persis bagaimana kuatnya dia,  istrinya dan anak-anak. Meski belum pernah bersamanya di daerah konflik seperti Afganistan dan Irak. Tapi saya sudah bisa membayangkan bagaimana tenangnya dia menghadapi berbagai suasana genting. Saya tak pernah lupa bagaimana ‘Cool’nya Jose menghadapi badai cobaan. Pernah dituduh teroris, karena menolong korban perang di Afganistan, Moro dan karena membantu keluarga yang disangka teroris. Dituduh GAM, karena membantu pengobatan keluarga GAM.  Bermacam-macam tuduhan disangkakan kepadanya.

Salah satunya waktu tahun 2003, ketika saya merancangkan program radio untuk MER-C di sebuah radio swasta di Jakarta. Baru beberapa bulan berjalan, tiba-tiba manajemen radio tersebut menghentikan siaran, setelah mendapat protes KERAS  beberapa pendengar penting (dan mungkin juga sponsor). Mereka tidak suka Dr Jose dan MER-C karena pernah pergi ke Ambon. Lho kalau ke Ambon memangnya kenapa ? “Dia Islam garis keras, terlibat laskar ‘huru-hara’!” stempel orang. Saya yang protes justru ditenangkan Jose, karena saya tahu persis di Ambon dia menolong semua golongan. Tidak pernah diseleksi dulu apa agama korban kerusuhan yang akan dibantu. Justru ketika akan menolong orang yang diperkirakan bukan Muslim, dr Jose lebih hati-hati dan memperlakukan mereka  lebih istimewa. Agar terbentuk trust. Tidak saling curiga. Karena dr Jose adalah relawan kemanusiaan, dia harus netral.

Dan kini cobaan kembali datang.  Inilah yang lebih rumit, karena beberapa tokoh masyarakat agama ikut terpancing, Tentang fitnah yang dilansir sebuah media (AR), saya lebih ‘ gelo’.  Saya sedikit banyak ikut  tahu sebab musababnya. Karena saya termasuk di antara beberapa sahabat yang selalu mendapat kiriman email seperti yang diterima FA (sumber pertama yang menghembuskan dr Jose sekeluarga syiah). Sehingga waktu itu kami turut mengikuti dialog-dialog  mereka yang tertarik berdiskusi lewat surel.

 

Awalnya dr Jose hanya mengajak berdiskusi, untuk menyikapi porogram WAR on TERRORnya AS. Lalu dr Jose mengingatkan kami akan  umat yang  ” TIDAK DAPAT MERAPATKAN BARISAN” Ada soal Aqidah, Manhaj, Fiqrah, Siyasah dan AD/ART organisasi sampai soal personal character pemimpin, kepentingan dll.  Membahas “Keikhlasan dan Keistiqomahan”. Tak dinyana ternyata FA lalu membalas dengan ketus “Bagaimana mau merekatkan 2 kelompok. Yang satu memuliakan sahabat (Rasul) sedang yang lainnya disebut “Si pencaci sahabat  yang berarti belain syiah?”. Nah dari sini ketegangan mulai terjadi. Ujung-ujungnya FA menyuruh dr Jose mengaji ke ust Anu dan Anu. Dr Josepun tidak menampik seraya mengatakan “Ndak ada soal karena saya mazhabnya TRAVELING.. Yg penting bisa merekat perpecahan umat ini dalam melawan zionis dan antek2nya”.

Soal istilah mazhab “Traveling” yang diucapkan dr Jose, tentulah semua sahabat Dr Jose paham bahwa ini setengah ‘joke’. Kalau kami rapat-rapat soal Palestina dll  di MERC, istilah ini sangat populer dan kerap kami ucapkan, untuk saling mengingatkan, agar jangan terganggu dengan berbagai mazhab kalau kita sedang mengadakan aksi kemanusiaan.

Lalu perdebatan kian lama kian memanas ketika dr Jose meminta pendapat  FA  tentang  Muawiyah perang lawan Ali. Tentang  pandangan FA seputar  Muawiyah yang merubah  sistim khilafah, yang dipilih oleh syura menjadi sistim kerajaan, yang diturunkan melalui keturunan. Beberapa kali debat yang saya ikuti kerap berakhir panas.  FA kerap mengatakan siapa yang membela syiah, maka dia syiah. Lalu FA menyitir Al-Maidah 51 “Siapa yg bela suatu kaum mk dia tergolong kaum itu”. Padahal yang saya tangkap, dr Jose hanya mencoba beragumen. Menurut dr Jose “Membenci dan mengkritisi adalah 2 hal yang berbeda”. Tapi FA terus menyimpulkan  bahwa dr Jose sudah syiah walau ngaku sunni karena terkesan mengkritisi  yang disebut FA “Membenci Sahabat Rasul”.

Terkadang saya tertawa sedih, kok begitu mudah 2 sahabat tersulut? Kayak anak kecil saja. Awalnya saya pikir ini cuma debat biasa, karena saya dengan dr Jose juga terbiasa berdebat panas  masalah-masalah khilafiah. Tapi tidak menyangka kali ini, debat mereka dampaknya seserius dan sejauh itu.  Tidak hanya saling menyakiti ke-dua mereka. Tapi  memancing ummat untuk saling menghina. Yang lebih ngilu, adalah umpatan dan caci maki dari orang-orang yang…. bahkan ketemupun mungkin belum pernah dengan dr Jose. Kok bisa-bisanya mencaci begitu bengis? Ada apa dengan masyarakat kita?

Mengapa isu ini digulirkan di saat Palestina sedang membutuhkan uluran tangan tengah digempur zionis tanpa peri kemanusiaan?

Siapa yang paling diuntungkan dengan fitnah tersebut?

***

 

Awalnya saya tak ingin campur dalam perseteruan  dua manusia itu. Toh dua-duanya sama-sama dewasa. Orang-orang berilmu pula.  Ke-duanya saya kenal. Ironis sekali,  saya dan suami  sama-sama  mengasihi mereka karena keduanya memikirkan umat. FA setelah “Putus hubungan” dengan dr Jose masih kerap menghubungi saya dan suami, yang antara lain mengabarkan perkembangan pesantren tahfiz yang dia gagas.

Namun akhirnya saya memutuskan menuliskan ini,  karena tak tahan mendengar fitnah yang kian hari  kian santer. Di Bulan puasa pula. Dampaknya tidak hanya ketentraman keluarga dr Jose dan keluarga besar MERC saja, tapi telah memecah belah ummat. Orang yang tadinya tidak kenal bahkan dengan ringan mengeluarkan kata-kata kotor yang tidak pernah ada dalam kamus orang beradab.

Beberapa kawan meminta saya membantu mendamaikan dan menjelaskan kepada ummat, menyusul status FB saya tadi pagi. Tentulah maksudnya hanya Dua. Agar umat kembali bersatu dan Palestina terus kita bantu.

Besar harapan saya, semoga badai fitnah ini berhenti, dan orang-orang kembali fokus menolong rakyat Palestina dengan cara semampunya kita.

Saya berharap ke depan tak ada lagi di antara saudara saling cakar-cakaran.

Termasuk yang berkeyakinan bahwa masalah Palestina adalah isu agama silakan saja, karena memang dalam agama ( Islam), membela yang tertindas sama dengan menegakkan kebenaran. Dan itu  adalah ‘jihad’.

Begitu pula yang beranggapan bahwa #Palestina adalah isu kemanusiaan, tentu juga tak ada salahnya. Mana ada manusia normal yang rasa kemanusiaannya tidak tercabik melihat korban-korban keganasan militer Israel yang sangat mengerikan tersebut.

Yang paling penting, semua kita menyadari, bahwa Palestina butuh pertolongan! Kita harus bahu membahu untuk itu.

 

Terakhir, saya memohon ampun kepada Allah, jika tulisan ini dapat menyakiti satu pihak (meski saya berusaha sangat untuk netral). Atau jika tulisan ini tidak dapat mendamaikan, menghentikan perseteruan dan fitnah yang menyambar-nyambar seperti api. Sungguh ganas dan mengerikan.

 

Berikut saya lampirkan status FB saya barusan. Semoga bermanfaat :’)

 

Fitnah, kebencian, hasad, iri dengki itu api,
Yang akan menghanguskan semua kebajikan dan kebenaran.
Cinta kasih, toleransi, solidaritas, berbaik sangka dan ikhlas itu air suci,
Yang akan membersihkan hati, menyuburkan amal
dan memadamkan keburukan.
*Sementara orang membuang energi sibuk bertengkar dan menebar fitnah tentang Aktivis kemanusiaan yang telah teruji perjuangannya, saudara kami dr Joserizal Jurnalis dan lembaga MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) sebagai syiah, Israel dengan pongah terus membantai warga Palestina. Dalam 5 hari serangan brutal zionis tersebut tak kurang dari 1400 serangan udara, 220 rumah binasa, 850an manusia luka-luka dan 111 tewas, termasuk di antaranya anak-anak yang tak berdosa http://news.yahoo.com/dramatic-video-shows-young-girls-hurt-israeli-missile-205847240–abc-news-topstories.html
  • Iqra Anugrah Ini menyedihkan sekali Bunda
  • Tatty Elmir Sangat nak  Sementara korban terus terkapar.

    Tatty Elmir's photo.
  • Tatty Elmir 70% dari korban kebringasan tentara Israel adalah perempuan dan anak-anak. (Sumber Palestinian medical authorities)

    Tatty Elmir's photo.
  • Rahma Dona Iya Uni,saya jg dpt BC di BBM ttg berita negatif MER-C itu..Mungkin perlu klarifikasi dari MER-C jg spy bisa kita bantu BC jg kalau itu fitnah..spy umat Islam tdk semakin terpecah pecah
    14 hours ago · Like · 1
  • Joserizal Jurnalis InsyaAllah kita tetap FOKUS soal Palestina uni Tatty
  • Monalisa Khiert Semoga langkah kita selalu dipermudah Allah SWT bun., Aaaamin
  • Dewi Utama Fayza Doa uni selalu, teruslah berjuang!
  • Tatty Elmir Rahma Dona : Kita tidak cukup waktu dan energi untuk terus-terusan meladeni mereka Dona. Semenjak anak-anak mengklarifikasi fitnah tersebut, sampai sekarang tak berhenti juga info yang masuk. Karena itu tadi habis Subuh pak Elmir memanggil semua anak yang lagi di rumah. Beliau pesan jangan terlalu menguras energi untuk itu, karena perjuangan masih panjang, Sambil menangis bahkan pak Elmir bilang “Kalau saja bisa ditukar semua amalan Oom Jose dengan Papa, maka Papa rela biarlah Papa saja yang dituduh syiah”.Oya terkait fitnah tersebut Mandira menulis di sebuah grup diskusi yang kemudian banyak dishared orang-orang yang peduli. Mungkin ada baiknya dibagi juga di sini ;
    “Bismillah. Barusan saya bicara lgsg sm om jose by phone bareng bunda dan ka agus.
    Jd gini ceritanya, awal om jose dan merc difitnah sbg syiah sejak merc gamau ke suriah krn perang dsna sangat politik. Perang di suriah itu antara tentara as’ad dgn sunni. Tentara as’ad dianggap syiah oleh org jaman skrg. Pdhl as’ad kira2 hanya 11% yg syiah, sisanya sunni. Jd mslhnya bukan ini perang sunni syiah. Tp perang politik. Sunni lawan sunni. Krn ini terlalu politik, om jose dan merc gak berani utk membantu suriah.Saya kenal baik sama om jose. Waktu GMJ kmrn di border jerusalem, saya sangat dekat dgn om jose dan ibadahnya GAK ADA YG BEDA SAMA SEKALI SM KITA. Sama2 solat, sama2 wudhu, bnr2 sama dgn kita. Islam pada umumnya.Merc memang lembaga yg open thdp siapapun yg mau membantu sesama. Waktu GMJ kmrn, saya bareng org2 syiah juga. Om jose tdk membatasi bagi siapa saja yg mau kontribusi menolong palestine. Tdk hanya syiah, GMJ yg dilaksanakan scr skala dunia tersebut diikuti oleh banyak org seluruh dunia atas dasar kemanusiaan. Amerika, eropa, asia, nasrani, agnostik, sampai rabbi2 yahudi pun turut mendukung perdamaian di palestina.
    Ketika mereka berani melakukan perjuang lgsg disana, kita sedang apa? Ngeributin siapa yg mau ngsh donasi ke palestin? Duh bodoh sekali.Terakhir, om jose berpesan td di telfon. Kalau ada yg masih mau mempertanyakan, atau masih mau memfitnah merc dan om jose adlh syiah. Om jose membuka peluang utk melakukan Mubahalah (adu sumpah) bagi siapa yg pngn. Ajak org tua nya sekalian, agar Allah yg memberi balasan bagi siapa saja yg tega memfitnah org2 yg rela berkorban dan berjuang di jalan Allah dan kemanusiaan.

    Maaf ya saya agak keras, pngn nangis dan sedih kalau masih aja org mempermasalahkan ini. Pdhl bom bom di palestina masih terus berjatuhan, ketika kita berantem hnya krn alasan bodoh ini”

    Wassalam,
    Mandira Bienna Elmir
    FH UGM 2010 .

    14 hours ago · Like · 2
  • Tatty Elmir Joserizal Jurnalis : Semoga semua fitnah kepada Jose dibalas Allah dengan kekuatan dan semangat yang tak putus untuk berjuang di jalan Allah. Doa begitu banyak umat yang tetap percaya dan menghormati jalan juang Jose senantiasa menyertai :’)
    14 hours ago · Like · 5
  • Tatty Elmir Monalisa Khiert, dan Uni Dewi Utama Fayza : Mohon doanya ya say, semoga dr Jose selalu dikuatkan. Dan persatuan umat kembali bertaut.
    14 hours ago · Like · 5
  • Dewi Utama Fayza Doa uni selalu dik….
  • Beby Kreshnawaty sungguh kejam mereka Mba, semoga Allah melindunginya dari org2 laknatullah
  • Erlangga Ryansha Izin share ya Bunda
  • Ishom Muhammad Drehem Bunda ishom izin share yaaa
    7 hours ago · Unlike · 1
  • Musniar Nasruddin mhn izin share bunda
    6 hours ago · Unlike · 1
  • Nanda Butiq ksabaran dan perjuangan yg bgitu besar, tdk semua org bisa melakukannya Bun, tapi org yg tdk bs berbuat bnyak hanya bisa bicara bhong, smoga apa yg dlakukan oleh bliau Allah SWT yg mmberikan imbalannya.. maaf jd nimbrung ya Bun, krn gerah jg mmbaca opini negatif yg tdk brtanggungjwab
  • Tatty Elmir Beby Kreshnawaty : Terimakasih perhatiannya Mba Beby. Tapi mereka tidak kejam. Ke-duanya pejuang, tapi keliru mengekspresikan perbedaan. Namun masyarakat begitu mudah terpancing. Terutama yang suka komen-komen kejam. Jangan meminta mereka dilaknat Allah ya Mba. Kita minta Allah membukakan pintu hatinya saja. Agar memandang penuh cinta, tidak dengan semangat perpecahan.  Mereka saudara kita mba.
  • Tatty Elmir Nanda Butiq : Yuk kita doakan agar Allah memberkati langkah kita untuk tetap fokus membantu Palestina dan masalah kemanusiaan di tanah air sendiri.
  • Tatty Elmir

Responses

  1. Semoga fitnahnya dr. Jose Rizal segera hilang ya tante… karena sangat gencar sekali di kalangan “grup2 pengajian”.. dan merasa sangat bertanggung jawab sekali untuk mengklarifikasi ini semua sebagai anak FIM, karena FIM pernah memperkenalkan kyky dan teman2 dengan dr. Jose Rizal. Jangan sampai karena isu ini malah mengabaikan isu utamanya mengenai kepedulian kita dengan saudara2 kita di Palestina, aamiin!

    • Prihatin banget Ky.
      Tante sih kasian Palestina nya.
      Tentulah zionis yang paling bergembira melihat keadaan seperti ini 😥

  2. […] https://tattyelmir.wordpress.com/2014/07/12/seputar-fitnah-merc-syiah/ http://www.islamtimes.org/vdcdfj0sfyt0nn6.lp2y.txt […]

  3. […] https://tattyelmir.wordpress.com/2014/07/12/seputar-fitnah-merc-syiah/ http://www.islamtimes.org/vdcdfj0sfyt0nn6.lp2y.txt […]

  4. semua usaha ke arah kebaikan akan selalu mendapat tantangan yang berat, dan bertambah berat seiring dengan besar muatan kebaikannya. itu terjadi pada Rasul kita tercinta.kedengkian ada di mana-mana. … wa jadilhum bilatii hia akhsanu, ……, inna syaitanu yanzaghu bainahum…

  5. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Sekedar tabayun, apakah Ibu sudah bertanya langsung ke Pak Jose Rizal apakah beliau penganut syiah?
    Satu lagi, saya baca di beberapa website salah satu indikasi yg menguatkan beliau syiah adalah ketika acara di TVOne gambar yg ditampilkan adalah anak arab yg ikat kepalanya bertulis al husain yg merupakan simbol syiah.

    terima kasih kl berkenan utk menjelaskan.

    • Wa’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

      Pak Saryadi yang baik, mohon dibaca kembali tulisan saya secara utuh.
      Tak mungkin saya berani menulis seperti ini tanpa ada keyakinan sama sekali.
      Apakah tantangan Mubahalah dr Jose untuk mengajak semua orang yang telah menuduhnya Syiah itu belum cukup?

      Mohon maaf, soal gambar, simbol dan penafsiran, saya tidak bisa menuduh dan pastikan stempel orang begitu begitu. Karena tidak semua orang paham akan simbol-simbol tersebut. Bahkan sayapun tidak tahu.
      Mohon maaf atas segala kelemahan dan kebodohan saya 😥

  6. Your outlook on life I have found is caring and instructive.
    A method by which the readers doesnt feel forced into feeling they need to pick a certain party.You possess
    a real talent so kindly keep up the great writing!

  7. saya juga perihatin terhadap sahabat – sahabt kita yang gampang menuduh, saling menfitnah, bahkan gampang mengkafirkan umat islam yang mungkin menggunakan pendekatan lain, walaupun dalam skup kecil kami senantiasa mengajak seluruh umat islam apapun madzhabnya mari kita kuatkan, rekatkan sehingga terwujud persatuan islam menuju Izul Islam Wal Muslimin, kepada Pak. dr. Josrizal saya yakin Pak. Jos terbukti memiliki niat yang tulus bagi kemanusiaan khususnya Ummat Islam dunia, teruslah maju tidak perlu menghiraukan pendapat orang yang menganggap saudara aliran Syiah, Alloh maha mengetahui,
    Ingat pesan Imam Syafi’,i, Jika Engkau telah dijalan Alloh maka berlarilah, kalu tidak mampu maka berjalanlah dengan cepat, jika tidak mampu maka teruslah berjalan jangan sekali – kali berbalik arah:
    Semoga bermanfaat;

    • Terimakasih supportnya Pak

  8. Sekalipun Syiah, mereka juga ummat Islam yang bertuhankan Alloh, mengakui \muhammad Rosull Alloh, melaksanakan sholat, puasa, menunaikan zakat, dan haji,
    Cukup lah sebagai tanda orang Islam (Muslim), sedangkan Muslim adalah saudara..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: